Selasa, Desember 21, 2010

5 Jenis Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

Diambil dari yahoo.health. Musim hujan seperti saat ini banyak membuat orang terserang penyakit seperti flu & batuk. Sebenarnya apabila daya tahan tubuh kita bagus, maka tubuh tidak akan mudah untuk terkena penyakit & untungnya lagi ternyata alam telah banyak menyediakan berbagai Jenis sayur & buah yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Berikut adalah 5 jenis makanan yang dapat digunakan untuk menigkatkan daya tahan tubuh :

1. Brokoli, kembang kol, bok choy & Brussels sprouts
Tanaman tersebut dapat menigkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi infeksi karena mengandung beta karoten, vitamin C, vitamin E, folat & kalsium. Cara terbaik untuk mengkonsumsi sayuran tersebut adalah dengan memakannya mentah atau dikukus sebentar ataupun ditumis setengah matang untuk menjaga kandungan vitaminnya tidak hilang.2. Sayuran yang berwarna oranye
Sayuran yang berwarna oranye seperti wortel, labu & ubi merupakan sumber dari vitamin C yang sejak lama dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sayuran-sayuran ini juga mengandung beta karoten, suatu antioksidan yang menjaga daya tahan tubuh. Selain itu beta karoten juga dapat berfungsi untuk menyehatkan mata.

3. Jamur
Di Asia, jamur banyak disukai karena aroma & khasiatnya. Diseluruh dunia sendiri terdapat sekitar 100.000 jenis jamur dimana 700 diantaranya merupakan jamur yang dapat dimakan. Jamur membantu menigkatkan respon daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih. Selain itu jamur jg dapat meningkatkan metabolism sel, menghilangkan toxin & mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Pilihan jamur yang baik untuk dikonsumsi antara lain : shiitake, maitake & reishii yang mempunyai kandungan polisakarida, sterol, kumarin, mineral & asam amino yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Gandum Utuh
Gandum utuh, oats, quinoa, amaranth & beras merah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi peradangan & melindungi terhadap resiko penyakit jantung, obesitas & diabetes.

5. Rempah-rempah
Bawang Bombay, bawang putih, kucai & lokio dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung banyak vitamin C, kalium, kromium & selenium, selain itu mereka juga mengandung minyak menguap yang berfungsi sebagai antimikroba. Tumbuhan ini dapat menjaga tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes, arthritis & penyakit jantung.
Rempah lain yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah jahe, cilantro, rosemary, sage, kunyit & oregano.

Jadi apabila anda mengalami flu, salah satu cara untuk mempercepat penyembuhan adalah dengan mengkonsumsi sayuran tersebut diatas baik berupa sup atau salad untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
(Sumber : medicastore.com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar