Selasa, Desember 28, 2010

Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Ibu Hamil

Meski ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi, tapi tetap harus pandai memilah-milah mana makanan yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak, berikut ini daftar makanan yang harus dihindari.

Sushi dan ikan mentah, Sushi dan ikan mentah harus dihindari ibu hamil, karena mengandung bakteri merugikan, seperti listeria, yang dapat menyebabkan keguguran dan janin mati dalam kandungan. ikan mentah juga mengandung berbagai parasit, racun, dan virus. termasuk hepatitis A dan B.
 
Keju Muda, ibu hamil harus menghindari keju muda, seperti Cheddar, karena mengandung listeria. bahkan keju muda yang dipasteurisasi pun masih beresiko karena cenderung memiliki kadar pH rendah, sehingga mudah terkontaminasi. jika ingin memakannya, panaskan dahulu hingga mendidih.
 
Kopi, Memang tidak banyak bukti bahwa mengkonsumsi kafein bisa membahayakan janin. namun, riset membuktikan kafein dapat mempercepat detak jantung janin, terutama pada trimester ketiga kehamilan. selain itu mengonsumsi kafein lebih dari satu gelas (300 mililiter) sehari bisa meningkatkan resiko keguguran, pertumbuhan janin terganggu dan bayi dengan berat lahir rendah.
 
Minuman keras, minuman keras dapat menyebabkan janin berisiko mengalami fetal alcohol syndrome, kondisi yang menyebabkan bayi menderita retardasi mental, cacat fisik, dan beberapa masalah perilaku.
 
Sari Laut, ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi jenis ikan dan makanan sari laut tertentu yang mengandung merkuri tinggi. sebab, makanan jenis ini dapat berpengaruh buruk pada perkembangan otak dan sistem saraf bayi. jenis-jenis ikan ini diantaranya adalah hiu, king mackerel, ikan todak dan tilefish.
 
Hati Bebek, ibu hamil tidak boleh makan hidangan dari hati angsa atau bebek yang tidak dimasak sampai matang. sebab, makanan ini bisa mengandung listeria, jenis bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.
(sumber : artiku.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar